Menhut Janji 25 Tahun Indonesia Hijau Kembali

Jumat, 16 Desember 2011 03:50 WIB
MEDAN–MICOM: Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menegaskan pemerintah menargetkan dalam 25 tahun semua hutan dan daerah yang lingkungannya sempat rusak menjadi hijau kembali.”Memang tidak mudah, tetapi pemerintah akan menggandeng TNI dan jajaran Polri serta semua kalangan untuk melakukan penghijauan dan menjaga lingkungan,” katanya dalam acara Apresiasi Medan Green and Clean di Medan, Sumatra Utara, Kamis (15/12).

Dukungan TNI dan Polri itu khususnya untuk penghijauan di kawasan hulu yang memang sulit dilakukan sehingga memang menjadi prioritas pemerintah. “Untuk pencapaian target semua hijau pada 25 tahun mendatang, maka gerakan menanam terus dilakukan sejak pemerintah membuat komitmen penanaman pohon pada tahun 2009,” katanya.

Sejak 2009, ujar Menhut, pemerintah tidak lagi mengeluarkan izin baru untuk perusahaan yang berkaitan dengan kegiatan penebangan pohon. “Sejak 2009, stop tebang pohon dan sebaliknya menanam dan menanam pohon terus sehingga 25 tahun mendatang semuanya akan menjadi hijau,” ujarnya.

Menhut mengakui, dewasa ini lingkungan, khususnya di perkotaan seperti Jakarta dan Medan, sudah kurang bagus bahkan rusak yang ditandai dengan semakin minimnya jumlah burung, kupu-kupu, dan kunang-kunang. “Kalau tiga unggas/hewan itu masih banyak di suatu kawasan, maka itu menunjukkan indikasi bahwa lingkungan daerah itu masih sangat bagus. Di Jakarta dan Medan pasti sudah langkan tiga hewan itu,” katanya. (Ant/OL-01)

***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s