Komnas HAM: Tak Ada Keterlibatan Polisi

Irene Sarwindaningrum | Marcus Suprihadi | Kamis, 15 Desember 2011 | 12:12 WIB

KOMPAS.com — Komisi Nasional Hak Asasi Manusia pernah menurunkan tim investigasi dalam bentrokan antara karyawan PT Sumber Wangi Alam dan warga di Desa Sungai Sodong, Kecamatan Mesuji, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, yang antara lain berupa pemenggalan kepala salah satu asisten kebun pada April lalu.

Tim diturunkan pada April 2011, dipimpin Wakil Ketua Komnas HAM Nur Kholis. Penyelidikan salah satunya mencari kemungkinan ada dugaan pelanggaran HAM dalam kasus yang menewaskan tujuh orang, terdiri atas dua warga desa dan lima orang dari pihak perusahaan perkebunan PT Sumber Wangi Alam (PT SWA).

Mereka juga menggelar pertemuan dengan bupati dan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, serta Kepolisian Daerah Sumatera Selatan. Tim investigasi meninjau lapangan dan menggali data dari berbagai sumber pada 26-28 April lalu.

Hasil investigasi ketika itu menyebutkan, ada pelanggaran HAM berat karena tujuh orang tewas. Namun, tak ada bukti indikasi keterlibatan polisi.

Dalam kesempatan itu, Nur Kholis mengatakan, berbagai konflik lahan yang berujung pada kekerasan dipicu kebijakan perkebunan yang belum punya perspektif HAM.

http://regional.kompas.com/read/2011/12/15/12120734/Komnas.HAM.Tak.Ada.Keterlibatan.Polisi

***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s