INVESTASI

Pembukaan Lahan Hambat Produksi

Merauke, Kompas – PT Cenderawasih Jaya Mandiri, salah satu investor program Merauke Integrated Food and Energy Estate atau MIFEE, berencana menggiling tanaman bibit tebu yang ditanam di Distrik Kurik, Merauke, untuk diolah menjadi gula merah. Langkah ini dilakukan karena pembukaan lahan perkebunan untuk penanaman bibit tebu terkendala.

Manajer Proyek PT Cenderawasih Jaya Mandiri Abdul Wahab Aji, di Merauke, Papua, Jumat (9/12), mengungkapkan, pihaknya telah melakukan pembibitan tebu di lahan seluas 235 hektar di Distrik Kurik, Merauke, sejak Juni lalu. Tebu disiapkan untuk bibit yang akan ditanam di lahan perkebunan seluas 1.250 hektar di Kampung Domande, Distrik Malind.

Kendati demikian, pembukaan hutan untuk lahan perkebunan masih terkendala. Akibatnya, bibit tebu yang sudah disiapkan tidak dapat ditanam. Kontraktor kurang peralatan sehingga baru berhasil bisa membuka jalan ke lokasi pabrik gula yang rencananya mulai dibangun awal 2012.

Abdul menambahkan, pihaknya menjalin kerja sama dengan dua kontraktor lokal untuk pembukaan hutan menjadi lahan perkebunan. Kedua kontraktor tidak berpengalaman membuka lahan dan hanya memiliki lima alat berat, sehingga lahan perkebunan belum siap. Karena itu, tebu yang disiapkan untuk bibit baru dibiarkan tumbuh hingga siap giling Juni 2012.

”Kami merencanakan membuat gula merah. Tebu yang sudah ditanam di lahan 235 hektar akan ditebang dan giling dengan membuat pabrik gula mini untuk memproses tebu menjadi gula merah,” ujarnya. (RWN)

Kompas, 10 Desember 2011

http://cetak.kompas.com/read/2011/12/10/05354914/pembukaan.lahan.hambat.produksi

***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s