PERDAGANGAN

Industrialisasi Rotan Segera Direalisasikan

Jakarta, Kompas – Kementerian Perdagangan meminta Kementerian Perindustrian segera merealisasikan konsep pengembangan industri rotan. Tanpa langkah konkret tersebut, kebijakan pelarangan ekspor rotan tidak akan efektif. Industrialisasi rotan juga sangat dinantikan para petani rotan agar produksi mereka tertampung.

Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi, di Jakarta, Kamis (8/12). ”Keputusan sudah kami keluarkan dan kami yakin keputusan tersebut sudah tepat. Sekarang kunci utamanya ada di Kementerian Perindustrian. Semuanya menunggu langkah- langkah konkret mereka untuk memajukan industri rotan,” katanya.

Bayu mengatakan, meski terjadi penolakan di sana-sini, pemerintah tetap kukuh dengan larangan ekspor rotan. Pemerintah merasa keputusan yang diambil tepat karena didahului kajian.

”Kementerian Perindustrian kami minta mengkaji dari sisi industri, sementara Kementerian Kehutanan dari aspek kelestarian lingkungan. Dalam kajiannya, Kementerian Perindustrian berjanji akan mengembangkan industri rotan di daerah penghasil,” paparnya.

Menurut dia, semangat utama pelarangan ekspor rotan adalah upaya untuk memaksimalkan nilai tambah di dalam negeri. Kebijakan tersebut nantinya akan diperluas ke komoditas lain. ”Kalau bisa, kita jangan ekspor bahan mentah. Sebisa mungkin ada nilai tambahnya supaya hasil yang diperoleh lebih maksimal,” katanya.

Kementerian Perdagangan akan terus memantau perkembangan kebijakan larangan ekspor rotan. Jika sasaran tidak tercapai, akan dievaluasi, untuk mengetahui sumber kesalahannya.

”Dulu kebijakan ini memang sudah pernah dilakukan beberapa kali dan hasilnya tidak efektif. Kami berharap yang sekarang tidak berakhir sia-sia,” ujarnya.

Menurut Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Deddy Saleh, larangan ekspor rotan juga mengatur penyiapan gudang untuk menampung rotan dengan sistem resi gudang.(ENY)

Kompas, 9 Desember 2011

http://cetak.kompas.com/read/2011/12/09/04431916/industrialisasi.rotan.segera.direalisasikan

***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s