700 Ribu Hektare untuk Hutan Rakyat

SATURDAY, 03 DECEMBER 2011

KUPANG — Pemerintah menyiapkan lahan seluas 700 ribu hektare untuk Hutan Tanaman Rakyat (HTR) di seluruh Indonesia. “Lahan ini bisa dimanfaatkan untuk menanam tanaman jangka panjang maupun lahan tanaman pakan ternak,” kata Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dalam sebuah seminar di Kupang kemarin.

Zulkifli berharap program HTR itu dimanfaatkan oleh masyarakat dengan menanam pohon yang sesuai dengan potensi daerah masing-masing. Ia mencontohkan, untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur, masyarakat bisa menanam pohon cendana.

Untuk mendukung program ini, pemerintah juga menyiapkan dana pinjaman modal pengelolaan hutan sebesar Rp 2,3 triliun. Pinjaman ini bisa diangsur selama 9 tahun dengan bunga 6 persen. “Untuk setiap hektare pinjaman yang disiapkan mencapai Rp 8 juta,” ujarnya.

Sejauh ini realisasi penetapan area hutan desa atau rakyat mencapai 113.354 hektare. Sedangkan dana pinjaman HTR yang telah direalisasikan di enam provinsi mencapai Rp 47,5 miliar. Dana ini disalurkan untuk 369 pemegang izin yang terdiri atas 4 koperasi dan 365 individu. | YOHANES SEO

http://www.korantempo.com

***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s