Indonesia Duduki Peringkat Kedua Negara Perambah Hutan

Kamis, 24 November 2011 14:38 WIB
SINGAPURA–MICOM: Nigeria, Indonesia, dan Korea Utara berada di posisi tiga besar negara dengan tingkat deforestrasi tertinggi di dunia.Tinggi permintaan atas kebutuhan pangan dan biofuel, meningkatnya jumlah penduduk, kemiskinan, dan korupsi menjadi penyebab tingginya aksi penggundulan hutan di banyak negara berkembang. Hal itu diungkapkan lembaga analisis risiko dan pemetaan Maplecroft yang mengompilasi indeks deforestrasi dari 180 negara.

Lembaga tersebut menggunakan data dari Badan Pangan dan Pertanian PBB untuk mengkalkulasi perubahan terhadap tutupan hutan secara keseluruhan di hutan induk dan hutan buatan antara 2005 dan 2010.

Sebanyak sembilan negara teratas dalam daftar tersebut masuk dalam kategori resiko ekstrem. Negara yang masuk dalam kategori tersebut kehilangan pohon dan spesies hewan yang selama ini menciptakan udara bersih dari hutan, pasokan air untuk sungai, dan mangroves yang melindungi garis pantai.

Indonesia kehilangan sekitar 1 juta hektare hutan per tahunnya. Jumlah itu 13 kali ukuran Singapura. Maplecroft menyebut hutan di Indonesia mengilang mayoritas akibat aksi perusahaan perkebunan kelapa sawit. (Reuters/OL-12)

Berikut adalah daftar negara yang masuk dalam kategori berisiko ekstrem:

1. Nigeria

2. Indonesia

3. Korea Utara

4. Bolivia

5. Papua New Guinea

6. Republik Demokratik Kongo

7. Nikaragua

8. Brasil

9. Kamboja

***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s