Urgensi Perbaikan Tata Kelola Kehutanan Guna Mendukung Komitmen Indonesia Dalam Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) Dari Sektor Kehutanan

Indonesia berkomitmen untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 26 persen dengan usaha sendiri dan 41   persen dengan dukungan internasional pada tahun 2020. Komitmen tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi indonesia, karena berdasarkan laporan resmi Indonesia kepada United Nations Framework Conventions on Climate Change (UNFCCC) menunjukan bahwa 85 persen (2.563.000 Gg) dari keseluruhan emisi gas rumah kaca (GRK) di Indonesia berasal dari sektor kehutanan dan pemanfaatan lahan. Sedangkan kita ketahui bersama bahwa tata kelola kehutanan di Indonesia masih belum efektif dan terbuka, dimana hal tersebut ditandai dengan masih adanya konflik di sektor kehutanan dan masih maraknya penebangan liar serta konversi hutan yang berujung pada terjadinya deforestasi dan degradasi hutan dalam skala masih. Sehingga komitmen Indonesia tersebut harus dibarengi dengan perbaikan tata kelola di sektor kehutanan.

Tata kelola yang baik (good governance) di sektor kehutanan merupakan upaya yang harus dilakukan untuk menjamin keberlangsungan pemanfaatan hutan yang lestari, adil dan berkelanjutan. Dalam upaya perbaikan tata kelola kehutanan perlu dikaji dari  perspektif hubungan antar intisari tata kelola kehutanan dari hulu sampai ke hilir, adapun intisari tata kelola kehutanan tersebut adalah penguasaan wilayah hutan (forest tenure), perencanaan serta penataan lahan dan hutan (forest land use planning), manajemen kehutanan dan pendapatan sektor kehutanan (forest revenue). Keempat aspek tersebut saling terkait antara satu dan lainnya serta dalam pelaksanaannya harus berdasarkan pada prinsip transparansi, inklusivitas dan akuntabilitas.

Tanpa dibarengi dengan perbaikan tata kelola kehutanan, komitmen pengurangan emisi di Indonesia menjadi tidak berarti, karena Pemerintah telah mentargetkan penurunan emisi sebesar 14 persen dari sektor kehutanan. Hal itu menjadi tantangan sekaligus peluang bagi sektor kehutanan di Indonesia serta tidak mungkin tercapai tanpa adanya perbaikan tata kelola kehutanan. Namun, secara obyektif dapat dikatakan bahwa membenahi persoalan tata kelola kehutanan bukan perkerjaan yang mudah, karena masih banyaknya permasalahan mendasar dari tata kelola kehutanan di Indonesia yang belum juga terselesaikan, misalnya konflik tata batas kawasan hutan, lemahnya koordinasi antar sektor, pesatnya laju ekspansi dari sektor perkebunan dan sektor pertambangan serta masih minimnya partisipasi dan informasi bagi masyarakat terkait dengan rencana-rencana kehutanan.

Berbagai permasalahan tersebut memerlukan perbaikan sistem tata kelola kehutanan secara keseluruhan, serta inkorporasi hak-hak dasar masyarakat dalam pengelolaan hutan. Maka dari itu sebaiknya proses perencanaan kehutanan dilakukan berdasarkan pada kebutuhan dan fakta riil atas apa yang terjadi di tingkat akar rumput. Dengan demikian diharapkan bahwa manajemen kehutanan akan berlandaskan pada perencanaan yang matang, sehingga dapat berkontribusi pada komitmen Indonesia untuk menurunkan emisi gas rumah kaca serta   pemanfaatan sumber daya hutan secara optimal.

Oleh karena itu, diperlukan suatu analisa yang cermat dalam melihat skala prioritas pembenahan sistem tata kelola kehutanan serta diperlukan suatu upaya yang tersistematis untuk dapat membenahi berbagai permasalahan tata kelola kehutanan di Indonesia. Selain itu, juga dibutuhkan penilaian tata kelola kehutanan berbasis indikator, yang dapat digunakan sebagai salah satu pisau analisa bagi semua pihak yang memiliki visi untuk memperbaiki tata kelola kehutanan di Indonesia.

Urgensi Perbaikan Tata Kelola Kehutanan Guna Mendukung Komitmen Indonesia Dalam Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) Dari Sektor Kehutanan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s